BAB 1
1.1 pendahuluan
MMORPG
atau Massively Multiplayer Online Roll Playing Game adalah sebuah genre game
yang sangat populer, dikarenakan setiap harinya jutaan orang beritneraksi,
bekerja sama, dan berhubungan dengan satu sama lain melalui avatar di dalam
satu dunia virtual yang luas, (yee,2006:h1). Salah satu hal yang membuat MMORPG
banyak di mainkan adalah variasi pemilihan karakter yang sangat beragam dari
bentuk wajah sampai class yang dimainkan, biasanya permainan MMORPG berkaitan
dengan penceritaan story yang interaktif dan membunuh monster untuk mencapai
level yang lebih tinggi (yee,2006:h3). Salah satu aspek yang paling menarik
adalah kelas yang bisa di mainkan dalam permainan tersebut biasa nya game
MMORPG memiliki tiga kelas umum yaitu knight, mage, thief masing masing kelas
memiliki gaya bermain tersendiri knight lebih mengutamakan kemampuannya dalam
memberikan damage yang cukup besar dan untuk menyerap damage yang lebih dari
kelas lain,namun sangat lamban, mage memiliki kemampuan untuk untuk memberikan
damage yang besar dan menyembuhkan player lain dengan kemampuan sihirnya, namun
mage sangat rentan dan memiliki HP yang kecil, thief adalah kelas yang
mengandalkan tipu daya untuk mengalahkan lawan nya thief di rancang dengan
skillset yang memberikannya kemampuan untuk menghindari serangan lebih sering
dibandingkan kelas sebelumnya, tapi thief lebih rentan terhadap serangan di
banding kelas sebelumnya. masing masing kelas memiliki gaya bermain yang
berbeda dan semua orang memiliki alasan tersendiri untuk memainkan avatarnya
dengan kelas tersebut.
Rumusan masalah
apa
yang menyebabkan seseorang untuk memilih kelas atau job tersebut di dalam game ?
adakah
pengaruh dari masa lalu player yang membuatnya memilih karakter tersebut ?
apa
yang menyebabkan para player untuk memainka gender yang berbeda
manfaat
manfaat
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa tujuan seseorang memilih avatar
dengan rupa sedemikian rupa dan job dengan gaya bermain yang yang sedemikian
rupa karena setia class yang dimainkan memiliki gaya bermain sendiri dan semua
pemain dengan class yang sama pun belum tentu memiliki gaya bermain yang sama
satu dengan yang lainnya
BAB 2 pembahasan
2.1. pengertian MMORPG
MMORPG
atau Massively Multiplayer Online Role Playing Game adalah sebuah genre game
dari game RPG yang dimana sangat banyak player yang berinteraksi satu sama lain
dalam dunia virtual. Seperti dalam game RPG player mengendalikan seorang
karakter fiksi atau avatar dan mengontrol semua aksi yang di lakukan oleh
karakter tersebut dan dalam
Avatar
adalah representasi grafik dari alter ego seorang pengguna komputer dalam
bentuk tiga dimensi (lessig,2000) asal usul kata avatar berasal dari agama
hindu yang berarti perwujudan baik hewan maupun manusia dari dewa. Avatar Dalam game sebuah avatar merepresentasikan
seorang gamer biasanya avatar dalam game memiliki class masing masing
gambar 1 pembuatan character
dalam game world of warcraft
seprerti dalam game world of warcraft
game ini memliki 12 ras dan 11 class yang bisa di mainkan masing masing class
memiliki keunggulan dan kekurangan seperti seperti warrior yang memiliki HP
yang besar sehingga dapat menyerap damage yang sangat besar, priest memiliki
kemampuan untuk menyembuhkan rekannya, dan warlock yang memiliki kemampuan
untuk melakukan summon-summon yang kuat. Dengan dasar inilah kita bisa
mengetahui bahwa begitu luasnya variasi gaya bermain dalam game MMORPG. Dan
satu lagi yaitu ras setiap ras memiliki penampilannya masing masing tapi tidak
memiliki kemampuan tertentu yang membedakan mereka. Dalam game world of
warcarft ada juga hal yang di sebut faction. Faction ialah keberpihakan
seseorang terhadap ke dua pihak yang saling berperang dalam game world of
warcraft ada dua faction yang berperang yaitu alliance dan horde, dalam game
ini alliance
gambar
2 karakter dengan equipment level tinggi
|
Ada
satu game yang memberikan player kebebasan untuk mengubah bentuk wajah salah
satu contoh dari game itu adalah Elder Scroll :online. Dalam game ini player di
berikan pilihan yang lebih sempit yaitu 9 ras dan 4 class namun dari 9 ras
memiliki kelebihan sendiri seperti argonian yang memiliki HP regen yang lebih
tinggi dan 50% lebih tahan terhadap penyakit dan racun
gambar 3 pembuatan character
dalam elder scroll online
seperti world of warcraft game elder scroll
online mewajibkan player untuk memilih faction dalam game ada ebonheart pact,
aldmery dominion dan daggerfall covenant tapi dalam pemilihan ras, ras nya
sudah terikat dengan faction nya sehingga kurang memberikan player sedikit
kebebasan untuk memilih faction, fitur di elder scroll online yang tidak ada di
world of warcraft adalah kostumisasi bentuk wajah dan tubuh, dalam elder scroll
player di beri kebebasan untuk memilih bentuk wajah ukuran tubuh bahkan
seberapa gemuk atau kurus avatar yang akan dimainkan dalam game
2.2 pemain lintas gender
Seperti
yang di bahas dalam pengertian MMORPG bahwa gamer di beri kebebasan untuk
mengatur seperti apa bentuk rupa dan jenis kelamin dari avatar yang mereka
mainkan dalam dunia virtual. Salah satu topik yang paling menarik adalah pemain
dengan avatar yang memlih untuk memilih gender yang berbeda dalam game. Sebuah
studi dalam game MMO Everquest yang
dilakukan Griffith dan kawan kawan pada tahun 2004 menyatakan bahwa 60 % pemain
dalam game tersebut memilh untuk memilih avatar dengan gender yang berbeda
dalam game nya dan sedikit perubahan di tunjukkan oleh penelitian Hussein dan
Griffith pada tahun 2008 menunjukkan bahwa pemain dari lima MMO terbesar di
dunia, hampir setengah dari partisipan laki-laki memilih untuk menjadi
perempuand dan hampir dua pertiga pemain perempuan memilih untuk menjadi laki
laki dalam game nya. Dari beberapa alasan yang paling sering di ungkapkan
“untuk senang-senang” dan untuk tujuan sendiri “kalau kita bermain sebagai
perempuan biasanya kita bisa mendapatkan barang gratis” ada juga yang berkata
“perempuan seharusnya di perlakukan dengan cara yang lebih baik” [Hussain & Griffiths, 2008], walaupun dengan penambahan
jumlah pemain dengan gender wanita pemain dengan gender pria masih mendominasi
game world of warcraft sehingga walaupun avatar wanita tak selalu dimainkan
oleh wanita tapi avatar tersebut lebih mendapat banyak perhatian dari player
yang lainnya
Salah satu tema tentang penelitian pengubahan gender yang saat ini
sedang trend adalah kapan pengubahan gender mulai menjadi sebuah hal yang umum.
Tomb Raider lara croft adalah
karakter di dalam game yangf paling sering di kait kan dengan umumnya
pengubahan gender dalam video game, karena sangat sedikit game yang memberikan
protagonis seorang wanita tapi memiliki kemampuan menembak yang handal dan
masih mempertahankan ke-feminiman dalam sebuah game, dan beberapa karakter
perempuan dalam street fighter dan mortal kombat menjadi popular karena walaupun mereka tidak
bisa menyerap damage yang banyak mereka dapat membayar itu dengan kecepatan
serangan yang tinggi dan itu sering memberikan keuntungan kepada karakter
wanita di bandingkan karakter pria.
Salah satu alasan yang paling umum yang paling sering di katakan
oleh para player dalam MMORPG adalah “kalau saya ingin melihat avatar saya
selama berulang ulang maka saya ingin avatar saya terlihat menarik” dan alasan
ini juga di kemukakan oleh para pemain dengan avatar bergender pria. Ada juga
yang mengungkapkan bahwa ketertarikan fisik bukan merupakan salah satu alasan
untuk para player merubah gendernya, melainkan untuk memenuhi hasarat
seksualnya sebuah study tentang pertukaran gender dalam game world of warcraft
menerangkan bahwa player wanita memainkan avatar pria sebagai pemberdayaan
seksual dan untuk bermain dengan norma sosial, mereka bisa menggunakan avatar
pria nya untuk menggoda avatar pria lain untuk menggoda pria lain sehingga
menciptakan tipical homoseksual, wanita lain menyatakan bahwa dengan memainkan
avatar pria dia dapat menyembunyikan diri nya dalam sekian banyak pemain pria
Bab 3
Kesimpulan
MMORPG
adalah game dimana player dari seluruh dunia dapat beriteraksi terhadap sesama
di dalam game di dalam game tersebut player perlu bekerja sama untuk
menaklukkan mush yang ada dan menyelesaikan quest yang tersedia. Dalam game
MMORPG player menggunakan avatar, avatar adalah representasi virtual para
player di dalam game atau dunia virtual. Dalam game MMORPG para player memiliki
kontrol terhadap apa yang dilakukan oleh avatarnya dari menentukan class apa
yang akan dimainkan sampai mendistribusikan skill point yang diperoleh dari
kenaikkan level
Dalam
game MMORPG ada hal yang di kenal sebagai pertukaran gender dimana seoarang
pria bermain dengan avatar wanita dan juga sebaliknya alasan mereka bermain
seperti itu antara lain hanya untuk bersenang-senang, untuk mengambil
keuntungan dari avatar lain ada juga yang ingin sedikit bermain dengan norma sosial
Daftar Pustaka
Cole, H., & Griffith, M. d. (2007). Social interaction in massively
multiplayer online-roll playing game . CyberPsychology & behavior ,
1-2.
Cotton, S. (2001). implication of new internet technology
for medical sociology in the new milenium . sociological-spectrum ,
40.
Hussein, Z., & Griffith, M. (2008). gender swapping and
socializing in cyberspace : an exploratory. cyber psychology and behavior
, 4.
Whang, L., Lee, S., & Chang, G. (2003). internet
over-users' psychological profile : a behavior sampling in internet addiction
. cyberPsychology adn behavior , 51.
Wu, J. (2013). Choosing my avatar & the psychology of
virtual world : whats matter. UKnowledge , 1.
Yee, N. (2006). the psychology massively multi-user
online roll playing game online roll playing game. London:
springer-verlag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar